shock absorber sepeda motor

Shock Absorber/Sok Breker
Getaran pada sepeda motor yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rataperlu diredam untuk mengurangi kejutan-kejutan akibat gerak pegas. Komponen yangberfungsi sebagai peredam kejut tersebut adalah sok breker atau dikenal dengan sistem suspensi. Oleh sok breker gerak ayun naik turun badan sepeda motor diperlambat sehingga menjadi lembut dan tidak mengejut. Itulah sebabnya sok breker disebut juga sebagai peredam kejut. Sok breker terdiri atas sebuah tabung yang berisi oli. Di dalam tabung tersebut terdapat sebuah katup yang berfungsi untuk mengatur aliran oli. Perlambatan gerak ayun badan sepeda motor terjadi karena aliran oli di dalam tabung sok breker terhambat oleh katup. Hal ini di- sebabkan karena lubang katup yang sempit. Jika jumlah oli dalam tabung kurang maka kerja sok breker menjadi tidak baik. Dalam hal ini sok breker tidak bisa meredam kejutan. Apabila kerja sok breker sudah tidak baik maka sebaiknya sok breker tersebut diganti. Penggantian sok breker dianjurkan sepasang sekaligus meskipun sok breker yang satunya tidak rusak. Hal ini dimaksudkan untuk menyamakan tekanan sehingga sepeda motor tetap seimbang, tidak seperti berat sebelah/miring.  

Pemeriksaan dan Perawatan
Untuk menentukan apakah sok breker bekerja dengan baik atau tidak bukanlah hal yang sulit. Biasanya sepeda motor yang sok brekernya sudah rusak menjadi tidak enak dikendarai.Kerusakan sok breker umumnya disebabkan oleh kebocoran oli. Hal ini bisa dilihat pada tabung sok brekernya. Jika tabung sok breker selalu basah oleh rembesan oli maka hal itu berarti sok breker telah bocor. Sok breker harus diganti jika sudah tidak baik kerjanya.

Pemeriksaan dan perawatan:
  • Jika selama sepeda motor dikendarai mengalami oleng kesalah satu sisi tanpa sebab yang jelas maka ada kemungkinan salah satu dari sok brekernya rusak. Periksalah keadaan sok brekernya. Jika terdapat rembesan oli pada tabungnya maka hal itu berarti bahwa sok breker bocor sehingga tekanannya tidak sama. 
  • Jika selama sepeda motor dikendarai terasa tidak nyaman padahal tekanan ban normal dan tidak terlalu keras, mungkin disebabkan oleh sok brekernya yang tidak bekerja. Periksa semua sok brekernya. Jika salah satu sok breker rusak, ganti keduanya. Untuk pemeriksaan sok breker, tekanlah sepeda motor tersebut ke bawah dan kemudian lepaskan tekanan tersebut secara mendadak. Jika sepeda motor melenting dengan cepat bagian badannya dan berayun-ayun maka kemungkinan besar sok brekernya sudah tidak bekerja. 
  • Periksa keadaan pegas suspensinya. Ukur panjang pegas dalam keadaan pegas terlepas. Jika panjang pegas melebihi ketentuan, pegas harus diganti. 

Kerusakan  
A. Gangguan Gangguan yang sering terjadi pada sok breker sepeda motor adalah:
1. Suspensi depan atau belakang terlalu lemah.
2. Suspensi depan atau belakang terlalu keras.
3. Timbul suara abnormal dari suspensi.  

B. Penyebab
Penyebab gangguan sok breker tersebut bisa kemungkinan mengalami:
  1. Pegas yang sudah lemah. 
  2. Minyak peredam kejut yang tidak tepat. Apabila mempergunakan minyak yang kekentalannya tidak tepat, maka peredam kejut akan terlalu lunak atau terlalu keras. 
  3. Jumlah minyak peredam kejut yang kurang atau terjadi kebocoran. Apabila jumlah pengisian minyak kedalam peredam kejut tidak sesuai dengan ketentuan, maka suspensi akan terasa terlalu lunak atau terlalu keras. Demikian pula apabila terjadi kebocoran, maka tekanan terasa lunak. Oleh karena itu pengisian jumlah minyak harus sesuai dengan ketentuan. 
  4. Gangguan pada bagian tutup atau tabung peredam kejut. Apabila penutup peredam kejut bengkok, dapat memungkinkan saling bergesekan dengan tabung peredam kejut atau terhadap pegasnya. Hal ini menimbulkan suara gesekan. 
  5. Kerusakan pada karet penyetop (stopper) peredam kejut. Apabila karet penyetop telah usang atau hancur, maka akan menimbulkan suara pukulan yang keras bila pergerakan peredam kejut "mentok" sampai langkah maksimumnya

Komentar

Unknown mengatakan…
Penyebab kerusakan no 3..tentang..jumlah pengisian minyak..kapan itu sebaiknya dilakukan?..apa secara berkala?..trims bro..
Unknown mengatakan…
SHOCK BREAKER belakang Motor anda RUSAK BOCOR AUS MATI NJEDOK2 AMBLES KERAS
GAK JAMANNYA SKOK SUNTIK2 AN
GANTI TABUNG AS DALAMnya AJ BARANG BARU ORI KWALITAS 1 IMPORT
CUKUP MINDAH PER nya SAJA BERES SHOCK JADI BARU LAGI
Honda
1- Prima, Grand , Kirana , Legenda ===> 65 rb/set
2- Supra X 125 , Revo 2008, Karisma ===> 70 rb/set
3- Beat lama , Vario tecno lama ===> 50 rb
4- Beat Fi , Vario PGM Fi 125 ===> 55 rb
5- GL MAX PRO MP TIGER VERSA ===> 145 rb/set 6- Abs Revo, Blade , New Supra X 2014 ==> 95
Yamaha 
1- Vega R , Fiz ,Alfa , Cripton , Jupiter Lama ===> 65 rb/set
2- Mio , Soul , Xeon ===> 50 rb
3- Vega R New , Jupiter Z ===> 65 rb/set
4- Vega ZR , Vega RR , Jupiter Z New ===> 70 rb/set
5. Jupiter MX ===> 150 rb
Suzuki
1- Shogun R 110, Smash 110 ===> 65 rb/set
2- Shogun R 125 ===> 95 rb/set
3- Shogun New CW , Smash New 110 , Titan ===> 95 rb/set
4- Spin , Nex ===> 55 rb
5. Satria FU ===> 200rb
UNTUK BENGKEL HARGA LEBIH MURAH GARANSI 6 BULAN PENGIRIMAN LANGSUNG DARI SURABAYA-JATIM
Stand 1 Lampu merah ke 2 jl Adityawarman( setelah KFC dan lab PRAMITHA area KODAM SURABAYA) tiap hari jm 09- 4 SORE SBTU-MGU BUKA
Stand 2 Perum Kahuripan Nirwana Blok Ca9-58 sdoarjo BUKA TIAP HARI jam 3-8 malam SABTU-MGU TUTUP
Luar kota luar pulau kirim via paket JNE PT POS dll

fast respons
===0857==3019==3167 BBM 587F5DF8
KUNJUNGI fb udrochmanjaya99
D Agus Constantine mengatakan…
pengisian minyak yg tidak sesuai menyebabkan kenyamanan shock absorber hilang.. soal oli pergantian mengacu pada BPR dimana oli yg terlalu lama dipakai kadar prlumasan berkurang dan menyebabkan gesekan antar komponen semakin besar dan menyebabkan keausan
Unknown mengatakan…
Cara mengatasi nya gan..
Unknown mengatakan…
update harga jual STICK SHOCKBREAKER / PEN SHOCKBREAKER
add Fb saya ud rochmanjaya utk liat cara pasangnya
Solusi shock belakang yang :
- BOCOR olinya
- Bunyi NJEDAK !!.. d polisi tidur
- Buat belok Nyliut/ mbuang kyak ban GEMBOS pdhal BAN udah keras
- Bunyi nyit nyit
- Patah kena lubang
hubung Ecco suspensi WA 0857-3019-3167
lokasi Perum Kahuripan Nirwana blok CA IX / 58 sidoarjo jatim bisa ke TKP lngsung
Jg trsedia di Tokopedia atau bukalapak - Shopee jg ready
0- Supra x 100 = > 85rb/ set
1- Grand ,Kirana ,Legenda => 85 rb/set
2- Supra X 125 ,Revo2008, Karisma === > 85 rb/set
3- Beat lama, Vario lama scopyy KARBU === > 65 rb
4- Beat Fi , Vario Fi 110 cc SCOOPY injeksi = > 70 rb
6- Abs Revo, Blade , New Supra X 2014 ---> 120 rb
7- Vario 125 , Vario 150 == >75 rb
Yamaha
0- Xeon rc, Xeon GT == > 65 rb
1- Vega R, Cripton , Jupiter2001== > 80 rb
2- Mio , Soul , fino== > 65 rb
3- Vega R New , Jupiter Z == > 80 rb/set
4- Vega ZR , Jupiter Z New == > 85 rb/set
5. Jupiter MX == > 175 rb
6- Vixion == > 225rb
7. N MAX == > 175 kanan kiri
8.Nouvo Z == > 85 sepasang
Suzuki
1- Shogun R110, Smash lama== > 85 rb/set
2- Shogun R 125 == > 120 rb/set
3- Spin Sky drive == > 75 rb
4. Satria FU == > 200rb
5. Smash R == > 120rb sepasang
6- Nex ===> 65 rb
Kawasaki
1- ZX 130 , Blitz R ==> 120 rb
HONDA YAMAHA SUZUKI KAWASAKI SHOCKBREAKER SHOCK ABSORBER MOTOR MATIC BEBEK SEKOK SKOK BOCOR RUSAK PATANG NJEDAK AMBLES REBOUND AHASS BERES BENGKEL GROSIR MURAH TERMURAH AWET ORIGINAL GENEUINE OEM CKD SUPRA BEAT MIO XEON SOUL REVO VARIO SCOOPY SPACY INJEKSI SMASH SHOGUN TITAN NEX SKYDRIVE KARBURATOR ADDRESS JUPITER VEGA SUSPENSI REAR ASSY STICK SHOCK BREAKER PEN SHOCK BREAKER
Unknown mengatakan…
halah ga ngaruh bro. sik njedak*. karuan ganti shock ori

Postingan populer dari blog ini

Kode Kedipan MIL pada Mio GT

Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester

Perbaikan Kepala Silinder dan Mekanisme Katup