Yamaha Vega Pakai Per Kopling Suzuki Satria FU



aneh liat judulnya ya.. koq bisa-bisanya part suzi masup di yama he he he seperti biasa karena dah rahasia umum trik pahe (paket hemat) kenceng ala gue kebetulan dibahas di otomotif ya monggo di simak siapa tau jadi inspirasi nyalip motor gue di corner kalo berani..
Dengan mesin sudah banyak ubahan, biasanya mekanik motor balap juga melakukan penggantian per kopling standar dengan model racing yang lebih keras.
Hal tersebut dilakukan, agar kampas kopling dapat beradaptasi terhadap mesin yang sudah mengalami oprekan
Apa yang sudah biasa dilakukan mekanik balap itu, juga banyak diaplikasi pada mesin motor standar.
Penggantian itu, bisa mempercepat akselerasi mesin, Salah satu contoh yang dilakukan pada Yamaha Vega R. Untuk dapat akselerasi lebih menohok, biasanya per kopling standar diganti bawaan Suzuki Satria FU.
Secara fisik per kopling Satria FU diameternya 2,5 mm dan itu lebih tebal 0,5 mm dari pada bawaan Vega. Itu yang membuat per FU lebih keras dari punya Vega,
Bila penggantian per tersebut pada motor yang mesinnya sudah dioprek, memang sudah banyak yang membuktikan. Namun bila pada mesin standar seperti dilakukan, terbukti juga keampuhannya tidak ya atau malah sama saja?
Nah daripada ragu, yuk kita buktikan. Alat peraga yang digunakan, Yamaha Vega keluaran 2009. Untuk pengukuran akselerasinya, kita pakai alat Racelogic-Performance Box. Sementara Mr. Testo yang berbobot 50 kg, jadi penunggangnya
Pengetesan saat Vega pakai per kopling standar dan ketika diganti dengan per kopling Satria FU, masing-masing dilakukan 3 kali pengetesan
Hasil yang didapat, pada pengetesan kecepatan 0-40 km/jam waktu tempuhnya 3,6 detik (per kopling standar). Sementara saat ganti per kopling Satria FU, catatan waktunya jadi 2,9 detik (data selengkapnya lihat tabel)
Dari hasil tersebut terlihat, adanya koreksi waktu. Walau hanya berbeda 0,05 detik, tetap saja akselerasi dengan per kopling FU lebih cepat dibanding pakai per kopling standar Vega.

Kesimpulan
’’Dengan pemakaian per kopling Satria FU yang lebih keras, membuat waktu release kampas kopling juga jadi lebih cepat. Hal itu yang memicu akselerasi Vega standar jadi terkoreksi tipis.
Bila dengan mesin standar saja penggantian tersebut bisa bikin Vega cepat ngacir, tentu bila mesinnya sudah oprekan bisa tambah ngaciiir...!’’

Kecepatan - Per kopling vega - Per kopling satrua FU
0-40 km/jam - 3,6 Detik - 2,9 detik
0-60 km/jam - 7,7 Detik - 6,5 detik

Jarak Tempuh- Per kopling vega - Per kopling satrua FU
0-100 M - 8,8 Detik - 8,2 detik
0-201 M - 13, 8 Detik - 13,1 detik



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Kedipan MIL pada Mio GT

Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester

Perbaikan Kepala Silinder dan Mekanisme Katup