TUNE UP

1. Apa itu TOP KOMPRESI
pada saat kita meTUNE-UP kendaraan 4 tak kita mungkin sering mendengar kata TOP / KOMPRESI / TOP KOMPRESI, mungkin kata tersebut biasa tapi apa makna kata tersebut mungkin banyak yang melupakan dasar dari tori yang tercantum dala langkah kerja motor 4 tak. maksud kata TOP tersebut adalah dimana piston berada pada posisi puncak / TMA (Titik Mati Atas) dan kata kompresi adalah dimana motor tersebut mengalami langkah kompresi dimana kedua katup dalam keadaan tertutup dan dalam silinder tersebut mengalami pemampatan akibat gaya tekan dari piston.
 jadi yang dimaksut TOP KOMPRESI adalah dimana pada silinder tersebut terjadi lamgkah kompresi/pemampatan dimana piston bergerak dari TMB menuju TMA (puncak) dan kedua katup sedang mengalami penutupan sehingga menyebabkan kedua rocker arm pada silinder tersebut dalam keadaan bebas dan kita dapat melakukan penyetelan celah katup.

2. Bagaimana mencari TOP KOMPRESI
mungkin kita yang awam bertanya-tanya bagaimana mencari top kompresi mendaraan konvensional 4 silinder pada saat kita mau menyetel celah katup. untuk mencari Top Kompresi pada kendaraan konvensional disitu ada 3 titik untuk menentukan top kompresi yakni : dari pergerakan katup, arah rotor dan tanda pada puli.
    untuk mencari top kompresi pada pergerakan katup kita dapat melakukan dengan melihat gerak gunting/overlaping pada silinder yang belawanan dengan yang kita cari. sebagai contoh kita mencari kompresi pada silinder 1 kita dapat mencarinya dengan melihat gerak gunting/overlaping pada silinder 4. caranya kita memutar baut puli crankshaft dengan kunci ring 19/putar kipas pendingin dan liat silinder 4 tersebut sampai terlihat katup buang bergerak turun penuh kemudian naik kembali, pada saat katup buang/rocker arm tersebut hampir mencapai puncak di iringi katup isap mulai bergerak turun/membuka dimana rocker arm tampak akan bergerak turun menekan katup dan pada saat inilah disebut dengan overlaping/gerak gunting dan dmana piston berada pada TMA jika sudah tampak gerak tersebut berarti katup sudah mengalami kompresi dan kita tinggal mencocokkan dengan melihat pada rotor menghadap pada kabel silinder 1 (pada tutup distributor) dan melihat tanda pada puli bagian dalam lurus dengan angka nol derajat (tanda pengapian pada silinder blok).
jika top kompresi sudah ditemukan kita dapat menyetel celah katup, dan katup yang dapat distel pada kompresi 1 yakni katup isap pada silinder 1 dan 2 sedangkan katup buang pada silinder 1 dan 3, katup yang laennya tidak dapat disetel kerena kondisi rocker arm tidak bebas seperti pada silinder 4 kedua katup tidak dapat disetel karena mengalami overlaping kita dapat menyetel dengan saat kita sudah mencari/posisi kompresi 4


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Kedipan MIL pada Mio GT

Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester

Perbaikan Kepala Silinder dan Mekanisme Katup