Kode Kedipan MIL pada Mio GT
Manual Yamaha Mio GT 110 CC
Mungkin kita semua bingung gara
lampu indikator berkedip. Gara-gara ada nya indikasi error di motor Mio GT
kesayangan (lampu engine check), coba googling penyebabnya dan dari beberapa
artikel di temukan cara diagnosanya.
Arti nilai kedipan :
1x = 10
1x pendek = 1
Kode Diagnosa Berdasarkan Kedipan:
1.
12x = Tidak ada sinyal normal yang diterima dari crankshaft
position sensor(CKP).
Penyebab:
1.
Rangkaian kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
2.
Crankshaft position sensor rusak
3.
Pulse coil rotor rusak
4.
Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode
Diagnosa:
N/A
2.
13x = Rangkaian sensor tekanan udara masuk (Intake Air Pressure Sensor (IAPS)) rusak atau ada hubungan
pendek
Penyebab:
1.
Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek
2.
Intake air pressure sensor rusak
3.
Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode
Diagnosa:
D03
3.
14x = Sistem tekanan udara masuk rusak
Penyebab:
Intake
air pressure sensor
Kode
diagnosa:
D03
4.
15x = Rangkaian throttle position sensor rusak atau ada hubungan
pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
ada hubungan pendek
- Throttle position sensor rusak
- Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode
Diagnosa:
D01
5.
16x = Trottle position sensor macet
Penyebab:
- Throttle position sensor macet
- Throttle position sensor rusak
Kode
Diagnosa:
D01
6.
22x = Rangkaian sensor temperature udara masuk rusak atau ada
hubungan pendek
Penyebab:
- Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan
pendek/ short circuit
- Intake air pressure sensor rusak
- Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode
Diagnosa:
D05
7.
24x = Sinyal dari sensor oksigen tidak normal
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
hubungan pendek
- Sensor oksigen rusak
- Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode
Diagnosa:
N/A
8.
28x = Sensor termperatur mesin rusak atau terdeteksi ada
hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
ada hubungan pendek
- Engine temperature sensor rusak
- Connector sensor tidak terpasang dengan
sempurna
Kode
Diagnosa:
D11
9.
30x = Kendaraan terbalik
Penyebab:
Kendaraan
habis terbalik
Kode
Diagnosa:
D8
10. 33x = Rangkaian ignition coil
primary coil rusak
Penyebab:
- Rangkaian kabel terputus
- Ignition coil rusak
- Connector primary coil tidak terpasang
sempurna
Kode
Diagnosa:
D30
11. 37x = ISC (idling speed control
valve) macet atau posisi terbuka penuh
Penyebab:
- Handel gas/throttle valve rusak
- Kabel handel gas/kabel gas rusak
- ISC macet atau lepas
Kode
Diagnosa:
D54
12. 39x = Rangkaian fuel injector rusak
atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
hubungan pendek
- Fuel injection rusak
- Connector fuel injector tidak terpasang
sempurna
Kode
Diagnosa:
D36
13. 41x = Rangkaian lean angle sensor
rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
ada hubungan pendek
- Lean angle sensor rusak
- Connector lean angle sensor tidak
terpasang
Kode
Diagnosa:
D08
14. 42x = Sinyal dari speed sensor
tidak normal
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
ada hubungan pendek
- Speed sensor rusak
- Connector speed sensor tidak terpasang
baik
Kode
Diagnosa:
D07
15. 44x = Pemasukan dan pempacaan
EEPROM error
Penyebab:
ECU rusak (penyetelan kerapatan CO
dan penyetelan bukaan handle gas tidak tepat pada pembacaan dan penulisan
memory)
Kode
Diagnosa:
D60
16. 46x = Sistem power supply pada FI
tidak normal (kabel merah)
Penyebab:
Sistem
charging tidak sempurna
Kode
Diagnosa:
N/A
17. 50x = Memory ECU rusak (error code
tidak terdisplai pada speedometer jika ECU rusak)
Penyebab
ECU
rusak (tepatnya pembacaan atau pemsukan memory)
Kode
Diagnosa:
N/A
18. 61x = Rangkaian ISC rusak atau ada
hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
ada hubungan pendek
- Connector isc tidak terpasang sempurna
Kode
Diagnosa:
D54
19. 39x = Rangkaian fuel injector rusak
atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
hubungan pendek
- Fuel injection rusak
- Connector fuel injector tidak terpasang
sempurna
Kode
Diagnosa:
D36
20. 41x = Rangkaian lean angle sensor
rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
ada hubungan pendek
- Lean angle sensor rusak
- Connector lean angle sensor tidak
terpasang
Kode
Diagnosa:
D08
21. 42x = Sinyal dari speed sensor
tidak normal
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
ada hubungan pendek
- Speed sensor rusak
- Connector speed sensor tidak terpasang
baik
Kode
Diagnosa:
D07
22. 44x = Pemasukan dan pempacaan
EEPROM error
Penyebab:
ECU rusak (penyetelan kerapatan CO
dan penyetelan bukaan handle gas tidak tepat pada pembacaan dan penulisan
memory)
Kode
Diagnosa:
D60
23. 46x = Sistem power supply pada FI
tidak normal (kabel merah)
Penyebab:
Sistem
charging tidak sempurna
Kode
Diagnosa:
N/A
24. 50x = Memory ECU rusak (error code
tidak terdisplai pada speedometer jika ECU rusak)
Penyebab:
ECU
rusak (tepatnya pembacaan atau pemsukan memory)
Kode
Diagnosa:
N/A
25. 61x = Rangkaian ISC rusak atau ada
hubungan pendek
Penyebab:
- Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi
ada hubungan pendek
- Connector isc tidak terpasang sempurna
Kode
Diagnosa:
D54
Sumber:
Manual Yamaha Mio GT
Komentar