Kode Kedipan MIL pada Mio GT

Manual Yamaha Mio GT  110 CC



Mungkin kita semua bingung gara lampu indikator berkedip. Gara-gara ada nya indikasi error di motor Mio GT kesayangan (lampu engine check), coba googling penyebabnya dan dari beberapa artikel di temukan cara diagnosanya.

Arti nilai kedipan :
1x = 10
1x  pendek = 1

Kode Diagnosa Berdasarkan Kedipan:
1.      12x = Tidak ada sinyal normal yang diterima dari crankshaft position sensor(CKP).
Penyebab:
1.     Rangkaian kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
2.     Crankshaft position sensor rusak
3.     Pulse coil rotor rusak
4.     Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
N/A

2.      13x = Rangkaian sensor tekanan udara masuk (Intake Air Pressure Sensor (IAPS)) rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
1.     Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek
2.     Intake air pressure sensor rusak
3.     Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
D03

3.      14x = Sistem tekanan udara masuk rusak
Penyebab:
Intake air pressure sensor
Kode diagnosa:
D03

4.      15x = Rangkaian throttle position sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  2. Throttle position sensor rusak
  3. Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
D01

5.      16x = Trottle position sensor macet
Penyebab:
  1. Throttle position sensor macet
  2. Throttle position sensor rusak
Kode Diagnosa:
D01

6.      22x = Rangkaian sensor temperature udara masuk rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek/ short circuit
  2. Intake air pressure sensor rusak
  3. Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
D05

7.      24x = Sinyal dari sensor oksigen tidak normal
      Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  2. Sensor  oksigen rusak
  3. Connector sensor tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
N/A

8.      28x = Sensor  termperatur mesin rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  2. Engine temperature sensor rusak
  3. Connector sensor tidak terpasang dengan sempurna
Kode Diagnosa:
D11

9.      30x = Kendaraan terbalik
Penyebab:
Kendaraan habis terbalik
Kode Diagnosa:
D8

10.  33x = Rangkaian ignition coil primary coil rusak
Penyebab:
  1. Rangkaian kabel terputus
  2. Ignition coil rusak
  3. Connector primary coil tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
D30

11.  37x = ISC (idling speed control valve) macet atau posisi terbuka penuh
Penyebab:
  1. Handel gas/throttle valve rusak
  2. Kabel handel gas/kabel gas rusak
  3. ISC macet atau lepas
Kode Diagnosa:
D54

12.  39x = Rangkaian fuel injector rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  2. Fuel injection rusak
  3. Connector fuel injector tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
D36

13.  41x = Rangkaian lean angle sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  2. Lean angle sensor rusak
  3. Connector lean angle sensor tidak terpasang
Kode Diagnosa:
D08

14.  42x = Sinyal dari speed sensor tidak normal
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  2. Speed sensor rusak
  3. Connector speed sensor tidak terpasang baik
Kode Diagnosa:
D07

15.  44x = Pemasukan dan pempacaan EEPROM error
Penyebab:
ECU rusak (penyetelan kerapatan CO dan penyetelan bukaan handle gas tidak tepat pada pembacaan dan penulisan memory)
Kode Diagnosa:
D60

16.  46x = Sistem power supply pada FI tidak normal (kabel merah)
Penyebab:
Sistem charging tidak sempurna
Kode Diagnosa:
N/A

17.  50x = Memory ECU rusak (error code tidak terdisplai pada speedometer jika ECU rusak)
Penyebab
ECU rusak (tepatnya pembacaan atau pemsukan memory)
Kode Diagnosa:
N/A

18.  61x = Rangkaian ISC rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  2. Connector isc tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
D54

19.  39x = Rangkaian fuel injector rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek
  2. Fuel injection rusak
  3. Connector fuel injector tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
D36

20.  41x = Rangkaian lean angle sensor rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  2. Lean angle sensor rusak
  3. Connector lean angle sensor tidak terpasang
Kode Diagnosa:
D08

21.  42x = Sinyal dari speed sensor tidak normal
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  2. Speed sensor rusak
  3. Connector speed sensor tidak terpasang baik
Kode Diagnosa:
D07

22.  44x = Pemasukan dan pempacaan EEPROM error
Penyebab:
ECU rusak (penyetelan kerapatan CO dan penyetelan bukaan handle gas tidak tepat pada pembacaan dan penulisan memory)
Kode Diagnosa:
D60

23.  46x = Sistem power supply pada FI tidak normal (kabel merah)
Penyebab:
Sistem charging tidak sempurna
Kode Diagnosa:
N/A

24.  50x = Memory ECU rusak (error code tidak terdisplai pada speedometer jika ECU rusak)
Penyebab:
ECU rusak (tepatnya pembacaan atau pemsukan memory)
Kode Diagnosa:
N/A

25.  61x = Rangkaian ISC rusak atau ada hubungan pendek
Penyebab:
  1. Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek
  2. Connector isc tidak terpasang sempurna
Kode Diagnosa:
D54

Sumber:
Manual Yamaha Mio GT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester

Perbaikan Kepala Silinder dan Mekanisme Katup