5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)


5R
(Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)

 A. Pengertian
“5R” adalah salah satu element penting dalam mewujudkan ruang  (lingkungan)  kerja  yang  nyaman.  Jika  lingkungan  kerja kotor  dan  peralatan  kerja  berserakan  dan  tidak  tersusun dengan  rapi,  maka  akan  dapat  berpengaruh  pada  efisiensi  dan keselamatan kerja. Selain itu, konsumen yang datang  tentunya juga akan meragukan kualitas hasil kerja dari bengkel.

5R (Indonesia) = 5S (Jepang) 
Ringkas = Seiri
Rapi = Seiton
Resik = Seiso
Rawat = Seiketsu
Rajin = Shitsuke

B. Penjelasan 5R
1. Ringkas / memilih (Seiri)
Ringkas  adalah  kegiatan  yang  bertujuan  untuk memisahkan  hal-hal  yang  diperlukan  dari  hal-hal  yang tidak  diperlukan  dan  membuang  hal-hal  yang  tidak diperlukan tersebut.
                                         
2. Rapi (Seiton)
Merapikan  adalah  suatu  kegiatan  untuk  menentukan lokasi  dan  cara  untuk  menyimpan  hal  -  hal  yang  diperlukan / dibutuhkan  dan menyediakan  petunjuk yang  akurat untuk memudahkan identifikasi.
                                   
3. Resik / Membersihkan (Seisou)
Membersihkan  disini  maksudnya  adalah  aktivitas membersihkan  ruang  kerja,  peralatan  kerja  dan  fasilitas kerja dari debu dan kotoran. Pada waktu yang bersamaan, melakukan  pemeriksaan  terhadap  fungsi  dari  peralatan dan fasilitas kerja.

4. Rawat (Seiketsu)
Merawat  adalah  suatu  kegiatan  untuk  terus  melakukan tindakan ringkas, rapi, resik dari semua orang (personil) di bengkel. 

5. Proses Merapikan (Seiton)
Adalah  suatu  proses  penyusunan  dan  penyimpanan barang-barang  secara  terorganisasi  dengan
mempertimbangkan  faktor  keamanan  dan  kemudahan kerja. Pastikan untuk mengembalikan barang-barang yang sudah  dipakai  ke  tempat  semula.  Hal  ini  dapat mempermudah  mekanik  untuk  menemukan  dan menggunakan barang-barang tersebut. 

3. Proses Membersihkan (Seisou)
Bersihkan peralatan,  perlengkapan, ruang  kerja, dan  item lainnya dalam sehingga tidak ada debu atau minyak  pada mereka. Secara khusus dan secara berkala  membersihkan lantai dengan  bahan/agen  pembersih  untuk mencegah kejadian  tergelincir  saat  sedang  dipergunakan.  Selain
itu, membersihkan peralatan,  perlengkapan  dan  fasilitas kerja  memungkinkan  teknisi  untuk  mengidentifikasi permasalahan sejak awal. 


D. Dampak Positif Penerapan 5R
1. Efisiensi kerja meningkat
2. Meningkatkan keselamatan kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Kedipan MIL pada Mio GT

Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester