Pemeriksaan & Penggantian Oli Mesin

Pemeriksaan & Penggantian Oli Mesin

A.      Fungsi dan Unjuk Kerja Oli Mesin
Oli mesin mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.       Pelumasan                 :   mengurangi gesekan mesin
2.       Perapatan                   :  memastikan  bahwa  ruang  pembakaran tertutup rapat
3.       Pendinginan              :   mendinginkan komponen-komponen mesin
4.       Pembersihan             :  mencegah  terbentuknya  kotoran-kotoran atau membantu proses pembuangan kotoran
5.       Pencegahan  karat   :  mencegah  terjadinya  karat  pada permukaan karat

1.       Pelumasan 
a.          Mengurangi friksi (gesekan)
Bagian engine terlumasi dan mengurangi gesekan pada  bagian  engine,  mencegah  bagian  besi bersentuhan , mengurangi keausan, gesekan, dan kehilangan daya / power.
b.         Mencegah keausan
Dapat dicegah saat bagian engine oleh film oil.

2.         Perapatan
Oli  mesin  berfungsi  merapatkan  celah-celah    untuk membantu  merapatkan  ruang  pembakaran  dan mencegah  lolosnya  tekanan  pembakaran  ke  dalam bagian dalam dari piston. 

3.        Pendinginan
Oli  mesin  berfungsi  untuk  mendinginkan  atau menyalurkan  panas  dari  komponen-komponen  mesin seperti cylinder head dan piston.

4.       Pembersihan
Oli mesin bersirkulasi di dalam mesin, untuk mencegah kotoran-kotoran  seperti  karbon  melekat  pada komponen mesin, yang akan mengakibatkan karat dan aus.

 Oli berfungsi untuk  melapisi kotoran sehingga  tidak menjadi sludge (lumpur). 

5.       Pencegahan Karat
Oli  mesin  membentuk  selaput  tipis  pada  permukaan komponen  di  dalam  mesin  untuk  menghindari  kontak langsung dengan asam dan kelembaban.
                                          
B.      Sifat & Jenis Oli Mesin
Viskositas    yang  sesuai  pada  oli  mesin  digunakan  tergantung pada lingkungan, tipe kendaraan, tujuan, dan faktor-faktor lain.
                                   
 Jika  efek  pembersih-penyebar  di  dalam  oli  mesin  menurun, sludge  akan  dengan  mudah  terbentuk  oleh  karena  kehadiran oksida atau kotoran. 
                                              
Standard Oli
Bermacam-macam  standard  oli  mesin  seperti  SAE  (viscosity grades  =  tingkat  viskositas)  dan  API  (quality  standards  = standard kualitas) dipakai.
·         SAE Viscosity Grades
SAE  (Society  of  Automotive  Engineering)  viscosity  grades digolongkan  ke  dalam  oli  single  grade  (kelas  tunggal)  atau multi-grade (kelas majemuk). 
                                 
 Cara membaca:
   
·         Klasifikasi API Service
API  service  classifications  adalah  standard  kualitas  oli  yang ditentukan  oleh  API  (American  Petroleum  Institute).  Kode-kode untuk oli mesin bensin diawali dengan “S” seperti pada SL dan SM, dan huruf kedua setelah huruf “S” menunjukan kualitas oli, semakin tinggi maka semakin baik kualitas oli.


·          JASO Standard
JASO  standards  adalah  standard  untuk  oli  mesin  empat-langkah  sepedamotor  yang  ditentukan  oleh  JASO  (Japan Automobile Standards Organization).  Standards digolongkan ke dalam dua jenis, MA dan MB, menurut perbedaan dalam sifat-sifat gesekan dari oli mesin.
                                          
·         Oli Rekomendasi
 Karakter Oil:
-          Viskositas  Rendah    :  10W-30  :  tingkat  gesekan  antar komponen mesin yang lebih rendah 
-          Memenuhi  Standar  Pelumas  Sepeda  Motor  Honda  API Service SJ , JASO MA/MB 

C.      Pemakaian & Penurunan Kualitas Oli Mesin
Sehubungan  oli  mesin  akan  mengalami  penurunan  kualitas, berubah  dan  memburuk  kondisinya  dan  agar  mesin  selalu mendapatkan pelumasan yang baik, periksalah dengan teratur, isi kembali, dan ganti oli mesin. 

1.       Pemakaian oli mesin
Oli mesin secara berangsur memasuki ruang pembakaran bercampur  dengan  campuran  udara/bahan  bakar,  dan kemudian  terbakar.  Oleh  karena  itu,  secara  berangsur  oli mesin akan dikonsumsi dan berkurang volumenya. 
2.        Penurunan kualitas oli mesin
a.       Penurunan viskositas
Oli  mesin  melumasi  permukaan-permukaan  logam yang  meluncur,  dan  ini  menyebabkan  bahwa additives  yang  menaikkan  viskositas  oli  akan dipotong  oleh  gesekan  di  dalam  mesin, menurunkan viskositas dari oli mesin.
b.      Kenaikan viskositas
Seiring  pertambahan  waktu  dan  pemakaian,   additives  dari  oli  mesin  secara  berangsur  akan hilang  akibat  oksidasi  atau  penguapan.  Ini menaikkan viskositas oli mesin. 
3.        Interval penggantian oli mesin
Tingkat  penurunan  kualitas  oli  mesin  dapat  ditentukan oleh perubahan warna oli. Oleh  karena  itu,  oli  mesin  harus  diganti  secara  teratur sesuai aturan BPR. 

D.      Memeriksa & Mengganti Oli Mesin
1.       Berikut ini masalah-masalah yang akan muncul apabila Oli mesin tidak secara rutin diperiksa, atau diganti:
a.       Terlalu banyak oli mesin
Jika  tinggi  permukaan  oli  terlalu  tinggi,  akan menyebabkan  sebagian  besar  oli  yang terbuang  akan  menempel  dan  menyumbat pada  air  filter  element,  hal  ini  akan menyebabkan masalah pada mesin. 
b.      Jumlah oli mesin kurang
Jika  tinggi  permukaan  oli  terlalu  rendah memungkinkan  strainer  akan  menghisap udara,  sehingga  mengakibatkan  pelumasan tidak sempurna.
c.       Penggunaan aditif yang tidak sesuai
Penggunaan  additive  yang  tidak  sesuai  dapat mengakibatkan  slip  pada  kopling  mesin sepedamotor.  Misal:  additive  mobil  digunakan untuk sepeda motor. 
2.       Pemeriksaan tinggi permukaan oli mesin:
Gunakan tangkai pengukur  yang menyatu dengan tutup pengisian oli (oil filler cap/dipstick)
3.       Prosedur pengisian ulang oli mesin:
a.    Siapkan  oli  mesin  yang  sesuai  (baca  buku pedoman reparasi)
b.   Panaskan  mesin  selama  3  menit  kemudian matikan 
c.    letakkan  kendaraan  menggunakan  standar utama 
d.   Bersihkan  sekitar  tutup  pengisian  oli/tangkai pengukur  menggunakan lap bersih atau udara bertekanan 
e.   Lepaskan tutup pengisian oli/tangkai pengukur dan bersihkan menggunakan kain lap bersih 
f.     Masukkan  tutup  pengisian  oli  atau  tangkai pengukur  tanpa memutar 
g.    Lepaskan tutup pengisian oli/tangkai pengukur dan periksa tinggi permukaan oli , bila dibawah tanda  lower  maka  harus  tambahkan  oli  mesin sampai batas upper.
h.   Sekrupkan  tutup  pengisian  oli  atau  tangkai pengukur ke dalam dengan erat 
                                                 
4.       Prosedur penggantian oli mesin:
a.       Panaskan mesin selama 2-3 menit.
b.      Letakkan  panci  penampung  oli  di  bawah  baut pembuangan,  kemudian  lepaskan  baut pembuangan  dan  sealing  washer  untuk mengeluarkan  oli  mesin.  Bersihkan  oli  mesin dari baut pembuangan dengan kain lap.
Catatan:
Sealing  washer  mungkin  menempel  pada lubang  pembuangan  oli.  Jangan  lupa  untuk melepaskannya.
c.       Kencangkan baut pembuangan oli dengan torsi yang ditentukan
Catatan:
                                   I.            Pasang sealing washer baru
                                 II.             Periksa  torsi  yang  ditentukan  pada baut  pembuangan  dan  jumlah  oli mesin  yang  diperlukan  sesuai  Buku Pedoman Reparasi 
d.      Tuangkan jumlah oli mesin yang ditentukan ke dalam lubang pengisian oli. 
e.      Pasang  tutup  pengisian  oli/tangkai  pengukur dan  biarkan  mesin  berputar  stasioner  selama 2-3  menit  sehingga  oli  beredar  di  dalam seluruh mesin.
f.        Matikan  mesin  dan  tunggu  2-3  menit. Kemudian, periksa tinggi permukaan oli mesin. 
g.       Kencangkan  tutup  pengisian  oli/tangkai pengukur  dengan  erat  untuk  mencegah masuknya  bahan-bahan  asing  seperti  air  dan debu ke dalam mesin.
h.      Oli  bekas  yang  telah  dikeluarkan  dari  mesin harus  dikumpulkan,  di  daur-ulang,  atau dibuang  dengan  mengikuti  garis  bimbingan negara  bagian  atau  lokal  agar  tidak mengganggu lingkungan hidup.
E.       Pemilihan Oli Mesin
1.       Oli mesin yang direkomendasi
Oli mesin yang direkomendasi dicantumkan di dalam buku pedoman  reparasi  dan  buku  pedoman  pemilik.  Oli  ini dijamin memiliki sifat dan kualitas yang paling sesuai bagi kendaraan. 
Contoh uraian dalam Buku Pedoman Reparasi:
2.        Pemilihan oli mesin yang sesuai untuk penggunaan
Jika  oli  yang  ekuivalen  dengan  oli  yang  direkomendasi dipakai,  oli  harus  memenuhi  semua  API  service classifications,  JASO  standards,  dan  SAE  viscosity  grades yang  ditentukan  di  dalam  buku  pedoman  reparasi  atau buku pedoman pemilik.

Jika  oli  pengganti  memenuhi  API  service  classification tetapi tidak memenuhi jenis MA atau MB yang ditentukan oleh  JASO  standards,  oli  pengganti  itu  tidak  sesuai  untuk kendaraan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemeriksaaan pegas katup

LK Uji Level Perbaikan Unit Kopling Manual dan Otomatis TSM

5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)