Sistem Bahan Bakar Karburator (Sistem konvensional)


Sistem Bahan Bakar Karburator  (Sistem  konvensional)
A.      Garis Besar Sistem Bahan Bakar
Sistem  bahan  bakar  sepeda  motor  terdiri  dari  bagian-bagian seperti:  Tangki  bahan  bakar,  tutup  tangki  bahan  bakar,  katup  bahan bakar,  saringan  bahan  bakar,  selang  bahan  bakar,  karburator, dan saringan udara.
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8861668540907472"
     crossorigin="anonymous"></script>
B.       Fungsi & Komponen Sistem Bahan Bakar
1.       Fungsi sistem bahan bakar:
a)      Sebagai penyuplai bahan bakar
b)      Membersihkan bahan bakar dari kotoran
c)       Mengubah  bahan  bakar  cair  menjadi  bahan  bakar gas
d)      Mengatur  suplai  bahan  bakar  sesuai  kebutuhan mesin  
2.       Komponen sistem bahan bakar:
a)      Tangki dan tutup tangki
b)      Saringan bensin
c)       Kran dan selang bensin
d)      Saringan udara
e)   Karburator  (Sistem  konvensional) 
C.      Fungsi & Komponen Sistem Bahan Bakar Tipe Konvensional (Karburator) 
1.       Tutup Tangki (Cap Fuel Filler)
             Fungsi:
             a.  Penutup  dan  pelindung  lubang  pemasukan  dari debu dan air
             b. Tempat sirkulasi udara atau pernafasan pada aliran bahan bakar 
             c.  Menjaga bensin tidak tumpah
2.       Kran Bahan Bakar (Fuel Cock)
3.       Saringan Udara (Air Cleaner)
Berfungsi  untuk  menyaring  udara  yang  masuk  ke karburator dan ruang bakar.

Saringan Udara yang Kotor menyebabkan:
1.       Saluran - saluran karburator tersumbat 
2.       Piston dan silinder akan lebih cepat aus

D.      Fungsi & Komponen Karburator
1. Fungsi karburator: 
a.  Merubah bahan bakar cair menjadi gas/kabut.
b. Mencampur  bensin  dan  udara  dengan perbandingan yang tepat sesuai kebutuhan mesin.
c.  Menyuplai  campuran  bahan  bakar  +  udara  ke dalam ruang bakar.
2. Komponen karburator

E.       Jenis Sistem Karburasi
       1.       Karburator konvensional (Piston Valve - PV)


2.       Karburator Constant Velocity (CV)


3.       Throttle Body (PGM-FI)
Dibahas tersendiri secara khusus
F.       Prinsip Kerja Karburator
Perbandingan Udara dan Bahan Bakar (Air Fuel Ratio/ AFR):
1.       Perbandingan  Udara  dan  Bahan  Bakar  (AFR)  teoritis  = 1:15,  artinya  untuk  membakar  habis  1  gram  bensin diperlukan 15 gram (kadar Oksigen dalam udara 35%).
2.       Campuran  kaya  (1:13)  menjadikan  pemakaian  bahan bakar boros.
3.       Campuran  miskin  (1:17)  menjadikan  pemakaian  bahan bakar irit. 

·     Kebutuhan  campuran  bensin  dan  udara  pada  mesin  sangat bervariasi sesuai temperatur, beban dan  percepatan mesin. 
·         Putaran  stasioner,  beban  berat  dan  percepatan  tinggi membutuhkan campuran kaya.
·         Putaran menengah dan beban ringan membutuhkan campuran miskin

Tipe Katup Gas (Throttle Valve) : 
·         Piston Valve
Katup  gas  bentuk  piston  yang  naik  turun  membentuk venturi dan digerakkan langsung oleh kabel gas.    
·         Butterfly Valve 
Katup gas bentuk kupu-kupu. Besarnya venturi ditentukan oleh kevakuman mesin. Karburator  jenis  ini  disebut  Carburator  jenis  Constant Velocity.

G.     Cara Kerja Karburator
1.       Sistem Pelampung

2.       Sistem Choke
3.       Putaran Stasioner 
4.       Kecepatan Menengah
5.       Kecepatan Tinggi  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemeriksaaan pegas katup

LK Uji Level Perbaikan Unit Kopling Manual dan Otomatis TSM

5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)