Sistem Kopling Sepeda Motor
Sistem Kopling
1.
Komponen Mesin Sebelah
Kanan
a. Right Crankcase Cover
Fungsi: sebagai
tutup mesin sebelah kanan
b. Clutch (kopling)
Fungsi: pemutus
atau penghubung putaran
poros engkol dengan sistem
transmisi
c. Oil Pump (pompa oli) dan
Pemindah Gigi
Fungsi:
Pompa
oli : memompakan oli ke mesin
Pemindah
gigi : mengatur pemindahan gigi
transmisi
2.
Jenis Kopling
a.
Kopling manual
b.
Kopling otomatis
3.
Bagian-bagian Kopling
Manual
4.
Prinsip Kerja Kopling
Manual
Pada saat
handle kopling ditekan,
Clucth Lifter menahan preassure plate
melalui lifter plate.
Hal ini akan
menghasilkan terjadinya
kerenggangan antara plat
kopling dan kanvas
kopling, Sehingga putaran mesin
menuju transmisi dan
roda belakang terputus.
Pada saat
gigi transmisi dimasukan,
kemudian handle kopling dilepas perlahan,
maka antara plat
dengan kanvas kembali merapat sehingga
putaran mesin menuju
transmisi kembali dihubungkan untuk
selanjutnya diteruskan kerantai
roda melalui rantai roda.
5.
Bagian-bagian Kopling
Otomatis
6.
Prinsip Kerja Kopling
Otomatis
Sewaktu perputaran
crankshaft bertambah, clutch
weight mengembang dan menyentuh
clutch outer, sehingga
daya mesin diteruskan. Daya
mesin yang dipindahkan
kepada clutch outer kemudian diteruskan kepada kopling
pemindahan-gigi manual.







Komentar