Sistem Kopling Sepeda Motor

Sistem Kopling
1.       Komponen Mesin Sebelah Kanan
a.                   Right Crankcase Cover
Fungsi: sebagai tutup mesin sebelah kanan
b.                   Clutch (kopling)
Fungsi:  pemutus  atau  penghubung  putaran  poros  engkol dengan sistem transmisi
c.                      Oil Pump (pompa oli) dan Pemindah Gigi
Fungsi:
Pompa oli           : memompakan oli ke mesin
Pemindah gigi   : mengatur pemindahan gigi transmisi

2.        Jenis Kopling
a.       Kopling manual
b.      Kopling otomatis
 

3.       Bagian-bagian Kopling Manual
4.       Prinsip Kerja Kopling Manual
Pada  saat  handle  kopling  ditekan,  Clucth  Lifter  menahan preassure  plate  melalui  lifter  plate.  Hal  ini  akan  menghasilkan terjadinya  kerenggangan  antara  plat  kopling  dan  kanvas  kopling, Sehingga  putaran  mesin  menuju  transmisi  dan  roda  belakang terputus.
Pada  saat  gigi  transmisi  dimasukan,  kemudian  handle  kopling dilepas  perlahan,  maka  antara  plat  dengan  kanvas  kembali merapat  sehingga  putaran  mesin  menuju  transmisi  kembali dihubungkan  untuk  selanjutnya  diteruskan  kerantai  roda  melalui rantai roda.
5.       Bagian-bagian Kopling Otomatis
 
6.       Prinsip Kerja Kopling Otomatis
Sewaktu  perputaran  crankshaft  bertambah,  clutch  weight mengembang  dan  menyentuh  clutch  outer,  sehingga  daya  mesin diteruskan.  Daya  mesin  yang  dipindahkan  kepada  clutch  outer kemudian diteruskan kepada kopling pemindahan-gigi manual.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LK Uji Level Perbaikan Unit Kopling Manual dan Otomatis TSM

Sistem Pendingin Air

Etilen Glikol