Sistem Transmisi Otomatis
Sistem Transmisi Otomatis
A.
Garis Besar Sistem V-Matic
Sistem V-Matic adalah
mekanisme otomatis yang
mengubah perbandingan gigi tanpa
langkah-langkah dan mengubah
daya mesin menjadi gaya
dorong optimal tanpa
kejutan adanya pergantian gigi.
·
Bagaimana daya mesin diteruskan ke roda belakang
·
Transmisi kecepatan variable belt drive
Dengan transmissi kecepatan
variabel belt-drive (digerakkan oleh tali
sabuk), kecepatan perputaran
dan torsi berubah sewaktu diameter pulley berubah

·
Bagaimana diameter pulley
berubah mengikuti kondisi perjalanan
B. Konstruksi dan
Pengoperasian Sistem V-Matic
Diameter pulley akan
berubah mengikuti keseimbangan
gaya sentrifugal yang terjadi
pada weight rollers
di dalam drive pulley
dan gaya pegas
yang bertindak pada
movable driven
face.
·
Sewaktu kecepatan
mesin rendah ( gaya sentrifugal
yang bertindak pada weight
roolers lebih kecil
dari pada gaya pegas)
Ø
Diameter drive pulley :
Kecil
Ø
Diameter driven pulley :
Besar
·
Sewaktu kecepatan
mesin tinggi ( gaya sentrifugal
yang bertindak pada weight
roolers lebih besar
dari pada gaya pegas
Ø
Diameter drive pulley :
Besar
Ø
Diameter driven pulley :
Kecil
·
Komponen
V-Matic
Komentar