Perbaikan Kepala Silinder dan Mekanisme Katup


Perbaikan Kepala Silinder dan Mekanisme Katup
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8861668540907472"
     crossorigin="anonymous"></script>
Memeriksa Kepala Silinder 
·         Periksa permukaan kepala silinder dari keausan/ retak
·         Periksa permukaan kepala silinder dari tempelan arang sisa pembakaran dan bersihkan.
·         Periksa kelurusan permukaan blok silinder 
Kriteria :       B maksimal   0,1 mm
                        A maksimal   0,05 mm


A.      Pembongkaran kepala silinder pada motor silinder jenis basah.
             Pelepasan, hal-hal yang perlu diperhatikan : 
              1   Lepas terminal negatif baterai
              2   Buang air pendingin dari radiator dan blok motor (gunakan kran-kran pembuang) 
              3   Lepas slang radiator bagian atas, kabel busi dan kabel pengukur temperatur. 
              4   Perhatikan urutan melepas unit tuas penekan katup. 
 
                               
              5   Lepas batang-batang penekan dan susun berurutan 
              6   Hati-hati waktu melepas baut saluran buang, jangan sampai patah. Beri pelumas  penetran 
                   dahulu.


Pembersihan 
      1.       Bersihkan permukaan berpaking dengan sekrup dan sikat kawat 
      2.       Perhatikan  lubang-lubang  ulir  baut  kepala  silinder  pada  blok  silinder,  lubang-lubang 
             tersebut harus bersih. Tiup dengan angin 
      3.       Cuci kepala silinder dan perlengkapannya dengan solar. 
      4.       Periksa kelurusan permukaan saluran masuk dan buang ( lihat gambar di bawah ini ).    
             Kebengkokan maksimum 0,2 mm

 

       5.       Periksa kelurusan permukaan blok silinder 
  Kriteria :       B maksimal   0,1 mm
                        A maksimal   0,05 mm
 
      B.      Memeriksa Kepala Silinder 
             1.       Periksa permukaan kepala silinder dari keausan/ retak
             2.       Periksa permukaan kepala silinder dari tempelan arang sisa pembakaran dan bersihkan.
             3.       Periksa kelurusan permukaan blok silinder 
  Kriteria :  B maksimal   0,1 mm
                          A maksimal   0,05 mm
 
C.      Memeriksa Kelengkapan Kepala Silinder
            1.      Periksa kelurusan saluran masuk dan buang pada kepala silinder
            2.       Kebengkokan maksimum 0,2 mm
            3.       Periksa keretakan kepala silinder disekitar dudukan katup buang, jika oli tercampur  dengan 
                   air pendingin (seperti susu).
 
            4.       Periksa kelurusan permukaan saluran masuk dan buang ( lihat gambar di bawah ini ).     
                   Kebengkokan maksimum 0,2 mm
 
Pemasangan kembali
           1.       Pasang  paking-paking.  Beri  vet,  jika  permukaan  paking  tidak  dilapisi  bahan  sintesis.     
                  Perhatikan tanda “TOP” pada paking-paking. Kadang-kadang ada ring kaset yang perlu  
                  dipasang pada lubang-lubang air pendingin
            2.       Beri pelumas pada baut-baut kepala silinder
Perhatikan  urutan  pengencangan  baut  silinder  (momen  pengencangan)  lihat  buku (manual)
Pengencangan dilakukan 2 tahap . 
Tahap I : 2/3 momen diijinkan
 

3.       Perhatikan  urutan  pengencangan  unit  tuas  penekan  katup  (momen  pengerasan  lihat
data/lembar informasi)
Pengencangan dilakukan 2 tahap 
Tahap I : 2/3 momen yang diijinkan
Jangan terlalu keras !
 
Penyetelan katup harus setelah pengencangan baut kepala silinder
4.       Jangan lupa pembuangan udara pada sistem pendinginan

Petunjuk 
1.       Kepala  silinder  yang  bocor/  kepala  silinder  yang  retak  menunjukkan  pembebanan panas  yang  terlalu  tinggi.  Periksa  radiator,  termostat  dan  pompa  air.  Kemungkinan lain, saat pengap[ian terlalu awal, atau campuran terlalu kurus.
2.       Biasanya  baut-baut  kepala  silinder  harus  dikencangkan  lagi  setelah  1000-3000  km. Setelah pekerjaan tersebut, celah katup berkurang dan harus distel lagi. Untuk momen pengencangan baut dan mur secara pasti lihat lembar informasi
3.       Setelah baut-baut kepala silinder lepas, putar kepala silinder sehingga kepala silinder bebas/ tidak melekat dengan tabung silinder.  
4.       Angkat kepala silinder
5.       Pasang plat pengaman untuk menghindarkan terlepasnya tabung silinder.
6.       Bersihkan  permukaan  blok  silinder  dan  ukurlah  tinggi  permukaan  tabung  silinder dengan permukaan blok silinder
7.       Jika  tinggi  permukaan  sesuai  dengan  ketentuan,  pasang  paking  yang  baru  dan kepala silinder.
8.       Jika  tinggi  permukaan  tidak  sesuai  ketentuan,  perbaiki  dudukan  dari  tabung  silinder dengan menambah atau mengurangi ring/skim (lihat halaman berikutnya)

Perbaikan Kepala Silinder
Jika  telah  ada  kepastian  tentang  hasil  pemeriksaan  dan  pengukuran  untuk  kepala silinder  dan  permukaan  blok  silinder,  maka  untuk  meratakannya  maka  di  skrap  dan  jika terjadi keratakan pada kepala silinder maka harus diganti.

Komentar

Bot mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bot mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Postingan populer dari blog ini

Kode Kedipan MIL pada Mio GT

Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester