Pemeriksaan Poros Engkol

Pemeriksaan Poros Engkol

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8861668540907472"
     crossorigin="anonymous"></script>
·        Periksa poros engkol secara visual : kondisi permukaan luncur pada pen-pen dan keausannya pada dudukan sil dan pasak puli. Jika permukaan tergores, perbaiki  dengan kertas gosok halus.
·        Periksa kelonjongan poros engkol dengan memasang poros engkol pada 2 V-blok di atas meja perata dengan alat indikator jarum/ dial indicator gauge

 
·        Periksa diameter pena-pena bantalan poros engkol dan batang torak dengan mikrometer. Lihat petunjuk halaman berikut. 
Perhatikan : sebelum pengukuran dimulai, mikrometer harus ditera.

 


Pemeriksaan Kelonjongan dan Ketirusan Sumbu Poros Engkol
 
Kesimpulan 
·     Kelonjongan maksimum Antara pengukuran nomor 1 dan 3 atau antara pengukuran nomor 2 dan 4.
 
  Ketirusan maksimum
·         Antara pengukuran nomor 1 dan 2 atau antara pengukuran nomor 3 dan 4.
 

Pemeriksan Bantalan Luncur
·        Periksa  permukaan  luncur  pada  bantalan-bantalan  secara  visual.  Apabila  tergores kasar atau korosi, maka bantalan harus diganti !
·        Periksa  warna  punggung  bantalan,  apabila  hitam,  bantalan  telah  menerima  panas yang terlalu tinggi.
·        Pasang  bantalan  poros  engkol  dan  tutupnya  sesuai  dengan  tanda,  untuk  memeriksa pengencangan bantalan-bantalan dalam kedudukannya.lihat pada gambar !
Perhatikan  :  pekerjaan  ini  membutuhkan  standar  kebersihan  yang  tinggi.  Jagalah kotoran  berada  pada  bidang  dudukan  punggung  bantalan,  atau  pada  permukaan dudukan bantalan. Oleh karena itu kita bersihkan setiap bagian dengan pistorl udara, kemudian langsung dipasang. Beri oli pada ulir baut.
 
 Pasang  bantalan  dan  keraskan tutupnya  menurut  spesifikasi  momen ………………………….
 ……………..kemudian kendorkan salah satu baut  dan  ukur  celah  dengan  fuler.  Batas minimal 0,05mm
·        Periksa  pengencangan  bantalan  batang  torak  sesuai  dengan  yang  dijelaskan  di  atas.
Pegang  batang  torak  dalam  ragum  yang dilengkapi  alas  aluminium.  Hati-hati  dengan torak dan cincinnya !
·        Apabila  bantalan  luncur  tidak  kencang  pada  dudukannya,  bantalan  ikut  berputar
dengan  poros  engkol.  Pengunci  pada  bantalan  hanya  berfungsi  sebagai  penempat posisi dudukan, bukan sebagai pengaman putar.

Pemeriksaan celah minyak bantalan poros engkol dengan plastik pengukur (plastigage).
·        Lepas tutup bantalan pada blok dan pasang poros engkol dalam keadaan bersih 
·        Pilih ukuran plastik pengukur yang tepat dengan celah
Kotak warna merah  0,05 – 0,15 mm
Kotak warna biru    0,025 –0,075 mm
·        Potong plastik pengukur sedikit lebih pendek dari pada lebar bantalan 
·        Tempelkan  plastik  pengukur  di  tengah  pen  poros  engkol.  Perhatikan  jangan  sampai
menutup lubang oli.


·         Pasang tutup bantalan dan keraskan baut pengikat sesuai dengan momen kekerasan
pengencangan. Perhatikan jangan memutar poros engkol. Jagalah kebersihan !
·         Lepas tutup bantalan dan ukur plastikpengukur yang pipih pada bagian yang terlebar
dengan  alat  pengukur  pada  bungkus  plastik  pengukur.  Hasil  pengukuran  merupakan
celah minyak.
·         Bandingkan hasil pengukuran celah minyak dengan spesifikasi.
 

Celah terlalu besar
Periksa  kebersihan permukaan  dudukan tutup  bantalan, dan  ulangi  pengukuran. Apabila
celah  tetap  terlalu  besar,  bantalan  harus  diganti  baru,  paling  baik  dikaitkan  dengan
menggerinda pen bantalan itu pada poros engkol.
Celah terlalu kecil
Periksa  kebersihan  dudukan  bantalan  luncur  pada  blok  dan  pada  tutup  bantalan
kemudian  ulangi  pengukuran.  Apabila  hasilnya  tetap  salah  maka  diameter  bantalan  itu
tidak sesuai atau diameter pen pada poros engkol dalam penggerindaan salah.
·         Apabila celah minyak sesuai, beri sedikit oli pada setiap pen poros engkol dan pasang  semua  tutup  bantalan  poros  engkol  kembali.  Perhatikan  kebersihan  dan  momen pengencangan !
·         Kontrol  :  poros  engkol  harus  dapat  diputar  tanpa  tenaga  dan  tanpa  ada  perasaan
hambatan  sama  sekali.  Setelah  diputar,  poros  engkol  harus  dapat  berputar  sendiri beberapa putaran sampai berhenti.apabila tidak, cek :
1.  Kebersihan pemasangan bantalan
2.  Kebengkokan poros engkol
3.  Kebengkokan blok silinder pada sumbu dudukan poros engkol
·        Periksa kelonggaran aksial poros engkol. Untuk ini, pasang dial indikator seperti pada gambar  dan  gerakkan  poros  engkol  searah  memanjang    dengan  tangan  atau pengungkit.

·        apabila  kelonggaran  aksial  melebihi  0,5  mm,  kontrol  kembali  kedudukan/kondisi bantalan aksial dan permukaan geseknya pada poros engkol

Pemeriksaan Celah Minyak Bantalan Batang Torak
·        bersihkan  lubang  silinder,  torak  dan  batangnya  dengan  pistol  udara,  kemudian  beri
sedikit oli.
·        Sebelum  memasang  torak  dengan  batangnya  pada  lubang  silinder,  perhatikan  tanda
arah  depan  dan  nomor  silinder.  Bagikan  tempat  celah  ujung  dari  cincin  torak  di
sekeliling torak. Celah-celah ujung jangan searah !
·        Pasang  alat  penekan  pada  torak,  kemudian  masukkan  torak  pada  lubangnya  dengan cara memukul sedikit, tanpa tenaga, dengan batang palu.
Perhatikan dua hal di bawah ini :
1     .       pangkal  batang  torak  harus  dihantar  dengan  tangan  supaya  dapat  memusat  pen
      pada poros engkol
2     .      apabila  terasa  hambatan  pada  waktu  cincin-cincin  torak  masuk  lubang  silinder,
3     .      jangan dipaksa, kontrol dudukan dan pengencangan alat penekan cincin torak.


 ·       ukurlah  celah  minyak  bantalan  torak  seperti  yang  dilaksanakan  pada  bantalan  poros
engkol. Patuhi kebersihan ! supaya poros engkol dapat diputar dengan mudah, pasang roda gaya sementara.
·        Kontrol  akhir:  putarlah  mekanisme  engkol  pada  roda  gaya  dengan  tangan.  Hambatan gesekan  oleh  torak  dan  cincinnya  hanya  boleh  sedikit  saja.  Apabila  gerakan  berat  atau bersuara  gesekan,  bongkarlah  unit  torak  dengan  batangnya  satu  persatu  untuk menentukan kesalahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Kedipan MIL pada Mio GT

Cara Memeriksa Sudut Dwell Dengan Dwell Tester

Perbaikan Kepala Silinder dan Mekanisme Katup